Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 23 Februari 2016

Prosedur Komunikasi Petugas Yantek dengan Pelanggan

Share & Comment

 

Prosedur Komunikasi Petugas Yantek dengan Pelanggan

Sebelum dan sesudah melakukan kegiatan perbaikan gangguan listrik dirumah pelanggan, ada baiknya Petugas Pelayanan Teknik memperhatikan hal-hal berikut :

1. PETUGAS TIBA DI RUMAH PELANGGAN
 

AKSI BAHASA LISAN BAHASA TUBUH
Tekan bel/ketuk pintu rumah pelanggan untuk memberitahu kedatangan Petugas. Mohon ijin saat akan memasuki halaman/rumah pelanggan (jika petugas yantek yang datang lebih dari satu orang, cukup satu orang saja yang mewakili untuk berbicara dengan pelanggan)
Tersenyum tulus, ramah dan percaya diri
Datangi pemilik rumah dengan memberi salam dan berdiri Selamat pagi (00:01-11:00), siang (11:01-15:00), sore(15:01-18:00), malam (18:01-24:00) Bapak/Ibu. Percaya diri, tersenyum, kontak mata fokus dan simpatik, gestur tubuh yang tepat saat berdiri, ekspresi wajah yang hangat dan antusias.
Jelaskan siapa Anda dan tunjukan surat tugas Perkenalkan Bapak/Ibu, saya (sebutkan nama anda) dari PLN. Saya adalah petugas Pelayanan Teknik. Mohon ijin, ini surat tugas saya.
Jelaskan tujuan/maksud kedatangan anda.
Tujuan kedatangan saya, menindaklanjuti infomasi dari Bapak/Ibu. Apakah betul Bapak/Ibu suplai listriknya terganggu dan membutuhkan layanan kami ?
Tanyakan nama (jika belum diketahui) Dengan Bapak/Ibu siapa saya bicara ?
Jelaskan prosedur dan batas kendali /tanggungjawab PLN. Informasikan secara jelas. Bapak/Ibu, perlu kami sampaikan bahwa batas kendali/ tanggungjawab PLN sd APP Berbicara dengan jelas, ramah sambil menunjuk batas APP
Sampaikan informasi bahwa Layanan Teknik tanpa biaya
Bapak/Ibu, kami informasikan & tegaskan bahwa layanan teknik sesuai batas kendali PLN adalah bebas biaya (gratis). Oleh karena itu pelanggan tidak diperkenankan memberi apapun kepada petugas
Percaya diri, tegas , tersenyum, kontak mata fokus & simpatik, wajah yang hangat & antusias
Apabila pelanggan tidak berada di tempat, maka Petugas harus menghubungi RT/RW setempat sebagai saksi saat memasuki rumah pelanggan.
http://infoyantek.com

2. MELAKUKAN TUGAS
 

AKSI BAHASA LISAN BAHASA TUBUH
Lakukan proses penyelesaian pekerjaan Anda sesuai prosedur yang berlaku
Bekerjalah dengan rapi, wajah yang ramah
Menyerahkan berita acara pekerjaan yang baru saja dilakukan
Bapak/Ibu ini adalah berita acara pekerjaan yang baru saja dilakukan dan Berita Acara Pembukaan Segel (jika petugas membuka segel & belum disegel kembali).
Tersenyum, kontak mata fokus, ekspresi wajah yang hangat & antusia
Meminta maaf atas ketidaknyamanan/ gangguan yang dialami pelanggan Mohon maaf Bapak/Ibu jika terdapat hal-hal yang membuat Anda merasa tidak nyaman Tersenyum, kontak mata fokus, ekspresi wajah yang hangat
http://infoyantek.com

Jika dalam invetigasi yang tejadi gangguan IML
Menyampaikan kepada pelanggan bahwa gangguan di sisi IML, sehingga kendalinya/ tanggungjawab perbaikan oleh pelanggan
Bapak/Ibu, kami sampaikan bahwa berdasarkan pemeriksaan diketahui bahwa gangguan terjadi di sisi IML dan sesuai dengan penjelasan kami di awal, perbaikan adalah menjadi tanggungjawab pelanggan
Tegas , tetap tersenyum, kontak mata fokus & menunjukkan rasa empati, wajah yang hangat & antusias
Jika pelanggan meminta informasi tentang Biro Instalatir, berikan Daftar Asosiasi Biro Instalatir atau Biro Instalatir & biarkan pelanggan memilih sendiri.
Bapak/Ibu, ini adalah Daftar Asosiasi Biro Instalatir/ Instalatir , silahkan dicatat dan dihubungi untuk penanganannya.

Jika saat itu, malam hari dan kemungkinan tidak ada lagi kantor Asosiasi/ Biro Instalatir yang bisa dihubungi, maka bantu pelanggan untuk melokalisir sementara IML yang mengalami gangguan dan jelaskan kepada pelanggan
Bapak/Ibu, kami akan bantu untuk melokalisir IML yang gangguan ini, mhn untuk tidak /digunakan /dinyalakan dulu sampai ada perbaikan.

http://infoyantek.com

3. PEKERJAAN SELESAI & AKAN MENINGGALKAN TEMPAT
 

AKSI BAHASA LISAN BAHASA TUBUH
Menawarkan bantuan kembali kepada pelanggan Apakah Sudah cukup Pak/Bu? Ada lagi yang bisa kami bantu? Tersenyum, kontak mata fokus, ekspresi wajah yang hangat & antusias
Pamit & ucapkan terima kasih Terima kasih Bapak/Ibu atas waktunya. Kami mohon pamit
Beri salam Senang melayani Bapak/Ibu. Selamat pagi (00:01 – 11:00) / siang (11:01 – 15:00) / sore (15:01 – 18:00) / malam (18:01 - 24:00) Pak/Bu.
http://infoyantek.com
Tags:

Written by

PT PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Barat
Area Bima Rayon Sape

0 komentar:

Posting Komentar

 

Video on YouTube

Recent Posts

Address

Jl. Lintas Kaleo Sape
Telp. 0374 71077
Fax. 0374 71077
SMS Hotline 081238670114
Copyright © PLN Rayon Sape | Designed by Templateism.com